KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN

Kita pasti pernah terbentur masalah dalam menjalani hidup, khususnya dalam dunia wirausaha. Lalu bagaimana reaksi kita ketika berhadapan dengan masalah-masalah tersebut? Hal pertama yang pasti kita lakukan adalah berpikir. Karena segala bentuk tindakan dan kebijakan yang kita lakukan sebagai solusi terhadap masalah tersebut merupakan hasil dari proses berpikir. Baik atau tidaknya solusi yang dihasilkan, tergantung dengan bagaimana cara kita berpikir.

Ada 3 tahapan cara berpikir dalam menghadapi masalah:

  1. Analytical ThinkingCara berpikir seperti ini membutuhkan ketelitian, akurasi, dan fokus untuk mengurai masalah yang sedang dihadapi menjadi lebih detail.
  2. Conceptual ThinkingCara berpikir seperti ini membutuhkan banyak pengalaman yang beragam, informasi, dan kreativitas untuk mencari solusi atas masalah yang sedang dihadapi.
  3. Strategic ThinkingCara perpikir seperti ini membutuhkan inovasi untuk mensiasati organisasi bisnis kita agar terhindar dari berbagai macam masalah di masa yang akan datang.

Seorang entrepreneur atau wirausahawan harus mampu berpikir pada tahap Strategic Thinking agar mampu membawa organisasi bisnisnya ke arah kesuksesan. Kreativitas dan inovasi merupakan senjata ampuh para wirausahawan dalam berperang di dunia bisnis. Oleh karena itu, harus diasah setajam mungkin.

.Image

Strategic thinking dapat diasah dengan cara menganalisa kondisi lingkungan dalam segala aspek untuk mendeteksi adanya masalah. Setelah itu, hadapilah masalah tersebut dengan berpikir mengenai solusinya. Kemudian dengan berpikir kreatif dan inovatif, seorang entrepreneur akan mampu menemukan solusi sekaligus menciptakan peluang bisnis baru bagi dirinya.

Misalnya, seorang entrepreneur yang melihat tumpukan barang-barang yang telah berkurang/habis nilai gunanya, akan mengolah barang-barang tersebut dengan kreativitas dan inovasi tinggi menjadi barang baru dengan bentuk dan fungsi yang berbeda dari yang sebelumnya. Seperti kata Albert Einstein “The secret of creativity is knowing how to hide your sources” Sehingga barang baru tersebut akan memiliki nilai jual yang dapat menghasilkan keuntungan ekonomi.

Memang tidak mudah untuk berpikir kreatif dan inovatif, namun dengan bantuan mental kompetitif (tidak mau kalah) sebagai sumber penggeraknya, tanpa disadari pun kita akan berpikir kreatif dan inovatif. Mental kompetitif dalam diri kita akan mampu mendorong diri kita sendiri untuk berpikir lebih dari yang orang lain pikirkan, bertindak lebih dari yang orang lain lakukan, dan menghasilkan lebih dari yang orang lain hasilkan. Atau dengan kata lain, mental kompetitif mampu membuat kita selalu berusaha agar lebih unggul dari pada orang lain.

About these ads

One thought on “KREATIVITAS DAN INOVASI DALAM KEWIRAUSAHAAN

  1. benar-benar harus memiliki kualitas dalam hidup…, karena akan banyak hal yang dihadapi dalam kehidupan ini, menang ata kalah kita sendiri yang membuatnya….tetap berbagi dan salam SOBAT !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s