MIND OF AN ENTERPRENEUR

Image

Dewasa ini mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Persaingan memperebutkan lapangan pekerjaan sangatlah ketat. Para angkatan kerja harus memiliki faktor-faktor tertentu sebagai modal untuk bersaing memperebutkan lapangan pekerjaan yang tersedia. Faktor-faktor tersebut adalah:

  1. Kecakapan kognitif, dapat diperoleh melalui kegiatan akademik di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya.
  2. Kecakapan perilaku (attitude), dapat diperoleh melalui pengalaman berorganisasi.
  3. Talenta

Sayangnya ketiga faktor tersebut belum cukup untuk menjamin anda mendapatkan posisi di suatu organisasi yang anda inginkan.

Tetapi tak perlu khawatir, masih banyak cara lain untuk mencapai kesuksesan berkarir guna memenuhi kebutuhan hidup. Salah satunya yaitu dengan cara berwirausaha. Wirausaha merupakan suatu kemampuan dan kebebasan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usaha.

Saat ini, orang yang berwirausaha dianggap sebagai pahlawan. Karena, selain mengurangi jumlah pesaing yang memperebutkan lapangan pekerjaan, wirausahawan juga mampu menciptakan lapangan kerja baru. Untuk menjadi wirausahawan, dibutuhkan beberapa hal seperti di bawah ini:

  • Keberanian menghadapi risiko dan ketidakpastian

“Berwirausaha bagaikan naik roller coaster” begitu kata dosen saya. Keadaan bisnis kita dapat berubah-ubah secara drastis dan tak terduga. Untuk menghadapi keadaan seperti ini, kita tidak boleh mudah menyerah ataupun cepat merasa puas akan pencapaian kita.

  • Mampu mengidentifikasi peluang-peluang dalam sistem ekonomi

Ada sebuah pepatah yang berbunyi, A pessimist sees the difficulty in every opportunity; an optimist sees the opportunity in every difficulty.” dari pepatah tersebut kita dapat belajar bahwa kita harus selalu optimis dalam melihat kondisi lingkungan pada aspek ekonomi yang meliputi kebutuhan, selera, daya beli masyarakat, dan lain sebagainya. Dengan sikap optimis, kita akan menemukan alternatif-alternatif terbaik untuk mengatasi segala masalah yang menghambat perkembangan usaha kita. Interaksi dengan masyarakat luas juga akan membuka pintu-pintu peluang baru.

  • Mampu menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (inovasi)

Untuk berinovasi, dibutuhkan kreativitas yang tinggi. Dengan begitu, kita dapat menambah nilai guna, nilai seni, bahkan nilai tukar suatu barang atau jasa. Tetapi kreativitas yang diterapkan tetap harus disesuaikan dengan selera dan kebutuhan masyarakat agar barang dan jasa yang kita produksi dapat bersaing di dalam pasar.

2 thoughts on “MIND OF AN ENTERPRENEUR

  1. Pingback: Entrepreneur said, “Let’s Rich Together With A Simple Way!” | Opportunist

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s