Entrepreneur said, “Let’s Rich Together With A Simple Way!”

Image

Segala sesuatu yang berlebihan, umumnya tidak baik dan akan terkesan rumit di mata masyarakat. Sedangkan sesuatu yang kurang, tidak akan mampu memenuhi kebutuhan. Oleh sebab itu, masyarakat pada umumnya lebih menyukai dan memilih hal-hal yang bersifat sederhana yang lebih mudah diterima oleh akal dan panca indera.

Kesederhanaan bukan berarti pas-pasan atau hanya seadanya. Tapi sederhana di sini, memiliki arti serba pas atau sesuai dengan kebutuhan. Bahkan Leonardo da Vinci berkata, “Simplicity is the ultimate sophistication” atau jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, “Kesederhanaan adalah kecanggihan yang tertinggi”.

Sebuah ide sederhana, jika diolah dengan serius dan profesional akan menghasilkan produk yang bernilai. Nilai suatu produk dapat diukur dengan harga. Harga merupakan cerminan kualitas produk tersebut. Produk dengan harga yang lebih tinggi, umumnya memiliki kualitas yang lebih baik. Penentuan harga disesuaikan dengan segmentasi pasar. Segmentasi pasar dapat dilihat dari berbagai aspek, misalnya daya beli masyarakat dan kebutuhan masyarakat. Jika menjual barang mahal di kalangan masyarakat yang daya belinya rendah, maka barang tersebut tidak akan laku karena tidak ada yang sanggup membayar.

Dengan pola pikir wirausaha yang kreatif, kita dapat mengemas ide sederhana menjadi produk yang dapat menimbulkan efek-efek positif pada konsumen. Efek-efek positif ini dapat berupa rasa nyaman, senang, bangga, dan puas karena konsumen merasa kebutuhannya telah terpenuhi oleh produk yang kita hasilkan. Oleh karena itu, produk tersebut mendapat penilaian dan penghargaan yang tinggi dari para konsumennya. Hal tersebut dapat diartikan sebagai kesuksesan usaha, dan keuntungan usaha pun meningkat.

Saya pernah menulis dalam posting saya terdahulu “MIND OF AN ENTERPRENEUR “, bahwa wirausaha dianggap sebagai pahlawan. Hal ini dikarenakan wirausaha tidak mementingkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Wirausaha sejati akan mengajak anggota dalam organisasi bisnisnya untuk sukses bersama. Wirausaha sejati akan menumbuhkan mental wirausaha pada anggota organisasi bisnisnya. Sehingga para anggotanya dapat belajar mandiri untuk mendirikan dan memajukan usaha baru bagi dirinya. Jika wirausaha dapat menjalankan fungsi edukasinya dengan baik, maka perekonomian masyarakat akan meningkat, bahkan jumlah pengangguran pun dapat berkurang. Oleh sebab itu kewirausahaan dikatakan sebagai perekonomian berbasis kemasyarakatan.

One thought on “Entrepreneur said, “Let’s Rich Together With A Simple Way!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s