MARKETING AND SALES

Banyak orang yang salah mengartikan kata “marketing” dan “sales”. Atau bahkan menganggap kedua kata tersebut memiliki arti dan fungsi yang sama. Namun sebenarnya “marketing” dan “sales” berbeda.

Dalam bahasa inggris, marketing berarti pemasaran. marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk, dan mendistribusikan barang yang bertujuan untuk memuaskan konsumen. Dalam strategi marketing, para marketer atau pemasar selalu menjaga brand image product. Sehingga konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena sudah mengetahui kualitas produk dan image brand produk tersebut.

Sedangkan sales, artinya adalah penjualan. Sales merupakan kegiatan yang hanya fokus pada menjual produk, dan bertujuan untuk meningkatkan penjualan produk saja. Strategi sales adalah tidak mementingkan untuk menjaga image brand produk, namun yang terpenting bagi mereka adalah menawarkan kepada pasar dengan cara menginformasikan kelebihan produk, agar konsumen tertarik dan membeli produknya. Dan yang lebih menarik lagi adalah salesman tidak pernah memikirkan apakah konsumen terpuaskan atau tidak. Yang terpenting adalah produknya laku terjual dan target penjualan yang ditetapkan perusahaan terpenuhi.

Ada beberapa perusahaan yang menjadikan sales sebagai bagian dari marketing, namun tetap membedakan tugas kerja mereka. Marketing fokus pada perencanaan strategi pemasaran produk yang sesuai dengan 4P atau marketing mix, yaitu:

  1. Product
    Menentukan produk/jasa yang akan ditawarkan ke pasar.
  2. Price
    Menentukan harga produk. Cara yang umum digunakan adalah dengan menggunakan patokan hitungan biaya produk tersebut dari awal disiapkan hingga siap jual.
  3. Placement
    Menentukan lokasi yang tepat agar produk yang akan ditawarkan mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju.
  4. Promotion
    Bagaimana suatu produk akan dikenalkan ke pasar agar pelanggan tergerak untuk membelinya.Salah satu cara berpromosi efektif adalah dengan iklan. Untuk mendapatkan efektifitas beriklan sebaiknya dilakukan pemilihan media iklan yang benar-benar cocok dengan karakter target pasar dari produk.

Sales akan mulai bekerja setelah perencanaan strategi pemasaran produk siap dijalankan. Jadi bisa dibilang marketing merupakan tim yang menyusun strategi pemasarannya, sedangkan sales merupakan tim pelaksananya.

Image

Perbedaan sales dan marketing lainnya adalah, bahwa hubungan sales dengan konsumen hanya sampai proses transaksi jual beli, setelah itu sales tidak bertanggung jawab lagi menjaga hubungan baik dengan konsumen. Sedangkan hubungan marketing dan konsumen harus tetap terjaga dari mulai sebelum transaksi, sampai setelah transaksi untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Sebuah perusahaan tidak akan berhasil memenangkan persaingan pasar jika hanya mengandalkan sales. Dan sales tidak akan tercipta dengan baik jika tanpa didukung dengan strategi marketing yang baik. Setiap perusahaan bisa melakukan penjualan, namun belum tentu setiap perusahaan mampu merencanakan strategi pemasaran yang mampu memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumennya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s